cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
Madrasah Diniyah Dalam Pusaran Kebijakan Politik Pendidikan Indonesia Sarnoto, Ahmad Zain
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan dinamika Madrsah Diniyah dalam arus kebijakan Pendidikan Pemerintah Indonesia. Madrasan diniyah yang cukup fenomenal di tanah sebagai Lembaga Pendidikan keagamaan Islam telah banyak melahirkan kader-kader bangsa, namum keberadaan lembaganya masih jauh dari harapan masyarakat, termasuk kondisi para pengajar dan sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai. Refosmasi yang telah berlangsung tahunan belum juga menganggat keberadaan madrasah Diniyah menjadi Lembaga yang setara dengan Lembaga pendididkan lain dan diakui keberadaannya oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Diniyah Takmiliyah dilaksanakan dari, oleh dan untuk masyarakat menjadi ciri khas pendidikan Islam yang bersifat tradisional seperti halnya pondok pesantren atau menjadi bagian dari kegiatan pondok pesantren di lingkunganya. Keberadaan lembaga pendidikan ini sebagai penyempurna dalam peningkatkatan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia peserta didik pada jenjang pendidikan dasar khususnya pada usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) yang diselenggarakan dalam bentuk pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah/madsarah diniyah awaliyah. Penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah ini secara fungsional maupun substansial berada di bawah pengendalian kementrian Agama dari pusat sampai daerah
UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT KELAS V MELALUI TEKNIK MATH MAGIC DI SDN SUNTER JAYA 07 JAKARTA UTARA Syarufudin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat yang lebih sederhana, matematika juga memiliki peran sangat penting. Banyak peristiwa kehidupan sehari-hari di sekitar kita yang selalu berhubungan dengan matematika, misalnya mencari nomor rumah teman, menggunakan telepon, jual-beli barang, menukar uang, mengukur jarak dan waktu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gejala sulitnya siswa menguasai bahan pelajaran matematika di atas muncul juga dalam pembelajaran berhitung perkalian bilangan bulat di kelas V SDN Sunter Jaya 07 Pagi Jakarta Utara tempat peneliti bertugas. Pada saat peneliti melaksanakan pembelajaran berhitung perkalian bilangan bulat, dari 40 siswa 10 siswa mendapat nilai tinggi 9 siswa mendapat nilai sedang dan 21 siswa mendapat nilai kurang, sekitar 52,5% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan peneliti. Fokus penelitian ini hanya dibatasi pada kegiatan berhitung perkalian bilangan bulat dengan menggunakan teknik math magic bagi siswa SDN Sunter Jaya 07 Pagi Jakarta Utara , dengan asumsi bahwa perkalian teknik math magic akan menjadi dasar penghitungan dalam materi pelajaran yang lain
KREATIFITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN Esau Sembiring
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru kreatif adalah guru yang selalu berusaha untuk mengembangkan dan memperluas proses pembelajaran yang selama ini dianggap statis dan baku. Guru kreatif adalah guru yang anti kemapanan, ia punya ide-ide cerdas dan brilian dalam meningkatkan mutu pendidikan, memiliki keingintahuan yang besar dalam mencoba, menemukan dan meneliti sesuatu yang dapat mendongkrak kualitas pembelajarannya. Guru kreatif ibarat air yang mengalir. Bila di suatu tempat dibendung atau dihambat supaya tidak jalan, air itu akan berbulak-belok ke arah lain untuk mencari celah-celah sehingga bisa dilalui. Seberat apapun permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, bagi guru kreatif selalu berusaha mencari berbagai alternatif atau solusi pemecahan masalahnya. Bagi guru kimia yang kreatif lingkungan bisa menjadi alternatif dalam praktikum pembelajaran di tengah kekurangan alat peraga
PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU TEKNIK OTOMOTIF MENUJU PROFESIOANLISME Riswanto
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang menjadi landasan seorang guru dalam menjalankan profesi mengajarnya, karena mengajar memerlukan sebuah kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan meng-evaluasi proses pembelajaran, serta pemahaman akan landasan-landasan kependi-dikan. Seperti halnya guru mampu melaksanakan pembelajaran apabila mampu merencanakan, begitu juga guru dapat mengevaluasi apabila mampu mengguna-kan teknik evaluasi yang tepat. Hal tersebut dapat menjadi gambaran bahwa tinggi rendahnya kompetensi profesional sangat berpengaruh terhadap kinerja guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya
PENDIDIKAN TEKNIK FURNITURE: MENGENAL JENIS DAN NILAI DENSITAS KAYU Agung Firnadi
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kayu memiliki beberapa sifat sekaligus, yang tidak dapat ditiru oleh bahan-bahan lain. Sifat fisik kayu ditentukan oleh tiga ciri, yaitu: Porositas atau ukuran volume rongga, yang dapat diperkirakan dengan mengukur kerapatannya, organisasi struktur sel, yang meliputi struktur mikro dinding sel, variasi dan ukuran besarnya sel, dan Kandungan air. Beberapa hal yang tergolong dalam sifat kayu adalah berat jenis, keawetan alami, higroskopik, berat volume dan kekerasan

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue